Masuk ITB Mahal? Siapa Takut!

Masuk ITB susah & mahal? Benarkah? Mau tahu informasi akurat seputar penerimaan mahasiswa bari ITB? Baca aja lanjutan postingan ini..🙂

Pertanyaan pertama  :   gimana caranya masuk ITB? berapa biaya pendaftaran ujiannya?

1. Daftar secara online di  http://www.snmptn.ac.id/

2. Mengenai pembayaran, jumlahnya sbb (salah satunya saja, sesuai program studi yang ingin dipilih):
• Kelompok IPA dan IPS : Rp. 150.000,- (dapat memilih maksimum 2 program studi)
• Kelompok IPC : Rp. 175.000,- (dapat memilih maksimum 3 program studi)
• Ujian Keterampilan : Rp. 150.000,- (khusus Fakultas Seni Rupa & Desain)

3. Jenis Ujian SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis :
• Tes Potensi Akademik (TPA) .
• Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP)  :
• Tes Bidang Studi Dasar : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
• Tes Bidang Studi IPA : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
• Tes Bidang Studi IPS : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
• Khusus bagi peminat FSRD , diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta.

jawaban selengkapnya ada di link berikut :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-3.htm (tentang tata cara pendaftaran) dan link  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-2.htm (tentang persyaratan peserta).

__________________________________________
Pertanyaan kedua : Berapa sih  biaya masuk ITB tahun 2011? berapa sih  biaya total belajar di sana nantinya?

Jadi, biaya pendidikan di ITB ada dua:

1. Biaya pendidikan di muka (BPM). dibayar satu kali di awal masuk ITB. Besarnya maksimal  Rp55.000.000 (ada diskonnya juga lho. makanya baca sampai akhir ya)
2. Biaya pendidikan per semester (BPP). dibayar setiap awal semester kuliah. Besarnya Rp5.000.000/semester.

__________________________________________

Pertanyaan ketiga : Waduh, kok mahal banget ya biayanya? ada ga caranya biar bisa bayar murah ?

Hoho,, tentu ada sodara-sodara. Begini, ikutin tipsnya ya:

Ternyata kita bisa meminta diskon Biaya BPM yang 55juta itu, bahkan tersedia diskon 100% bagi lebih dari 600 orang. Begini caranya:

1. Download dan isi formulir permohonan diskon BPM di [ link ini ] atau di sini :  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-bpm-2011-t.pdf

2. Pada bagian permohonan subsidi, jangan lupa centang/pilih yang 25%, 50%, 75%, atau yang  100%

3. kirim formulirnya. Boleh lewat fax, email, atau pos, ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

4. Siapkan bukti-bukti yang mendukung. Bukti-bukti ini diserahkan saat pendaftaran mahasiswa baru nanti (setelah pasti diterima). Misalnya:
– Slip gaji orang tua (kalau ada. kalau ga ada bikin sendiri aja, tulis aja gaji yang kecil. hehe,, tapi jangan boong yak )
– Surat keterangan RT/RW daerah asal. Jadi berupa keterangan kalau keluarga tidak mampu membayar banyak untuk masuk ITB.
– Surat keterangan kondisi keluarga. Misalnya jumlah keluarga dan kondisi pekerjaannya. Lebih direkomendasikan bagi anda yang punya banyak adik-adik yang masih sekolah, jadi terlihat kalau tanggungan beban orang tua itu besar sekali, hoho  ;) .

5. Spesial: Bagi calon mahasiswa yang sejak awal hanya berminat untuk memilih Program Studi  Astronomi  (FMIPA), Program Studi  Meteorologi  (FITB), dan/atau Program Studi  Oseanografi  (FITB) dapat mengajukan permohonan Beasiswa Minat berupa subsidi 100% BPM. Untuk itu pemohon harus menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB yang dapat diunduh dari situs  http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-prodi-2011.pdf  paling lambat tanggal 24 Mei 2011, pukul 15.30 WIB. Formulir yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos, faksimili,  e-mail , atau diserahkan sendiri ke alamat:

Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
E-mail :  usmitb@pusat.itb.ac.id

6. Kalau BPM sudah “beres”, maka tinggal mencari beasiswa untuk membayar BPP. Di sini banyak tersedia beasiswa, misalnya beasiswa ITB untuk semua (BIUS   http://www.itbuntuksemua.com  ).

7. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan rejeki lebih biar bisa kuliah di ITB. Syukur-syukur kalo ga perlu minta diskon biar masuk kampus itu, apalagi kalau bisa memberikan sebagian rezeki kita buat meringankan beban yang lain. InsyaAllah pahala lho  :)

Info lebih lanjut?

– buka situs ini:  http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm

– Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Kantor Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Direktorat Pendidikan ITB
u.p.  Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Telepon           : 022-4254016
Telepon           : 022-61083601
Faksimili         : 022-2508519
E-mail              :  usmitb@pusat.itb.ac.id

8 thoughts on “Masuk ITB Mahal? Siapa Takut!

  1. willy says:

    langsung ilang minat masuk ITB, 5 jt per semester??
    benar-benar memberatkan mahasiswa,
    kalau kayak gini sih untuk orang yang ekonominya sedang-sedang saja bakal kesulitan dengan kebijakan ITB tahun ini.
    bakal banyak orang yang betul-betul kaya dan betul-betul miskin untuk kuliah di ITB.
    yang ekonomi menengah?
    pilih yang laen aja…….

    • arinda says:

      yang perlu diingat adalah itb memberikan sangat banyak beasiswa untuk mahasiswa/i nya. ada beasiswa PPA, bidik misi, BIUS, BBM, Tanoto, dan masih banyak lagi.
      setahu saya, gak pernah ada mahasiswa/i ITB yang DO gara-gara masalah keuangan. biasanya kalo yang kesulitan keuangan pasti diberikan keringanan. salah satu teman saya adalah salah satu mahasiswi ITB yang kebetulan kesulitan dalam masalah keuangan. tidak hanya itu, teman-teman saya yang kalangan menengah pun banyak yang mendapatkan beasiswa, jadi bayar semesternya gak sebanyak itu. banyak mhs/i ITB yang dapat beasiswa. mereka datang dari yang kalangan menengah kebawah. jadi jangan dilihat langsung 5 juta mahal. kalau mau dibandingkan dulu dengan fasilitas yang ada. jika memang ternyata fasilitasnya tidak seimbang dengan harga yang kita keluarkan, maka sah kalau kita menyebut biaya tersebut mahal. dulu juga sewaktu saya masih belum jadi bagian dari ITB, saya menganggap biaya kuliah di ITB itu mahal banget. tapi ketika saya sudah merasakan fasilitasnya, saya rasa harga yang diberikan itu sudah termasuk dalam kategori cukup murah.

      kalau emang nasib kamu ke ITB, pasti dapet deh, semangat yaaa!!!!

  2. NN says:

    ITB memang kumpulan anak orang kaya , bahkan sekarang minat calon mahasiswa lebih memilih ITS karena biaya yang jauh lebih murah dan prestasi yang cukup bersaing. Misal saja di Shell Competition (mobil hemat) 2011, ITS mengirim 3 wakil nasional sedang ITB hanya 2. Pergeseran kualitas ini menurut saya disebabkan oleh “banyaknya uang” yang harus di “investasikan” untuk menjadi insinyur di ITB, sehingga emas-emas daerah lebih memilih ITS yang memang dari segi biaya jauh lebih “acceptable” untuk perguruan tinggi level nasional

  3. santri_bung says:

    yg jalur beasiswa ada ngak……?

  4. whysya says:

    Iya sih..kl di lht” dr sisi biaya memank mahal.. tpi kl di dsari dgn niat yg tinggi n sllu brdo’a,,pzti di mudahkn olh yg di atas kok.. aminnn yahh…
    semangatt…

  5. ay_shEe says:

    jadi k ITB gg y…!?

  6. try fn says:

    ih,aku pengen bangggeeeeeeet masuk ITB.
    ITB itu impian aku .susah nggak jadi mahasiswi disitu?

    • yaaa… susah atau mudah itu kan relatif de.
      Tapi kita harus mensugesti pikiran kita bahwa nggak ada hal yang nggak mungkin.
      Semuanya mungkin. Semuanya bisa diraih kalau kita mau berusaha.
      Kalau kita mau meraih sesuatu yang luar biasa, kita harus memulainya dengan menjadi pribadi yang luar biasa.
      Luar biasa perjuangannya, luar biasa impiannya, luar biasa menejemen waktunya, dll.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s